Halo! Ada yang bisa kami bantu?

Saldo

Bagaimana cara saya mengisi ulang Saldo DANA?

Anda dapat mengisi ulang saldo DANA melalui Bank Transfer Virtual Account (Akun Virtual) atau via Minimarket alfamart. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai cara pengisian ulang saldo dengan mengklik ikon top up (+) di aplikasi DANA.

Bank apa saja yang mendukung pengisian ulang Saldo DANA dengan metode bank transfer?

Berikut berbagai pilihan bank yang dapat kamu gunakan untuk mengisi ulang (top-up) saldo DANA:

  1. Bank BCA melalui ATM BCA, aplikasi klikBCA dan juga aplikasi m-BCA.
  2. Bank BNI melalui ATM BNI, aplikasi Mobile Banking BNI, aplikasi Internet. Banking BNI, aplikasi SMS Banking BNI, dan juga transfer via SMS ke BNI.
  3. Bank Mandiri melalui transfer antar Bank ke Virtual Account BNI.
  4. Bank BRI melalui transfer antar Bank ke Virtual Account BNI.
  5. Bank CIMB Niaga melalui transfer antar Bank ke Virtual Account BNI.
  6. Bank Panin melalui melalui transfer antar Bank ke Virtual Account BNI.
  7. Bank OCBC melalui transfer antar Bank ke Virtual BNI.
  8. Bank BTN melalui melalui transfer antar Bank ke Virtual Account BNI.
  9. Bank lainnya melalui transfer antar Bank ke Virtual Account BNI.

Catatan:

Admin Fee / Biaya transfer antar Bank akan berlaku sesuai dengan ketentuan dari masing-masing Bank.

Bagaimana cara melakukan top up Saldo DANA melalui Bank BCA?

Kamu dapat melakukan Top Up saldo DANA melalui Bank BCA dengan 4 cara, yaitu:

VIA ATM BCA:

  1. Masukkan kartu ATM BCA & PIN.
  2. Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER > KE REKENING BCA VIRTUAL.
  3. Masukkan nomor Virtual Account yang ditampilkan sebelumnya. (Sebagai contoh: 3901089884839xxx)
  4. Masukkan jumlah Top Up yang ingin dibayarkan.
  5. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan Transaksi.

Catatan: 
Penggunaan Kartu Bank selain BCA akan dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan Bank Penerbit dan minimum transaksi top up adalah Rp 10.000,-.

 

VIA Klik BCA:

  1. Login ke website KLIKBCA .
  2. Pilih menu TRANSFER DANA > TRANSFER KE BCA VIRTUAL ACCOUNT.
  3. Masukkan nomor Virtual Account yang ditampilkan sebelumnya. (Sebagai contoh: 3901089884839xxx)
  4. Masukkan jumlah Top Up yang ingin dibayarkan.
  5. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan Transaksi.

Catatan:
Minimum transaksi top up adalah Rp 10.000,-.

 

Via Aplikasi M-BCA (BCA Mobile)

  1. Login ke aplikasi mobile mBCA.
  2. Pilih menu M-TRANSFER > BCA VIRTUAL ACCOUNT.
  3. Masukkan nomor Virtual Account yang ditampilkan sebelumnya (Sebagai contoh: 3901089884839xxx)
  4. Masukkan jumlah Top Up yang ingin dibayarkan.
  5. Masukkan PIN m-BCA Anda.
  6. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan Transaksi

Catatan:
Minimum transaksi top up adalah Rp 10.000,-.

 

Via Aplikasi M-BCA (Sim Tool Kit)

  1. Pilih menu m-BCA pada menu SIMCARD anda.
  2. Pilih menu m-PAYMENT > LAINNYA.
  3. Ketik TVA lalu tekan OK.
  4. Masukkan nomor Virtual Account yang ditampilkan sebelumnya (Sebagai contoh: 3901089884839xxx)
  5. Masukkan BCA PIN Anda lalu tekan OK.
  6. Masukkan jumlah Top Up yang ingin dibayarkan.
  7. Masukkan BCA PIN Anda lalu tekan OK.
  8. Anda akan menerima SMS konfirmasi

Catatan:
Minimum transaksi top up adalah Rp 10.000,-.

Bagaimana cara melakukan top up Saldo DANA melalui Bank CIMB Niaga?

Anda dapat melakukan Top Up saldo DANA melalui Bank CIMB Niaga dengan 5 cara, yaitu:

VIA ATM CIMB Niaga:

    1. Masukkan kartu ATM dan PIN anda
    2. Pilih TRANSFER > Rekening CIMB Niaga/Rekening Ponsel Lain > Rekening CIMB Niaga lain
    3. Masukkan jumlah top up yang ingin dibayarkan
    4. Masukkan [VA Generated] sebagai rekening tujuan
    5. Pilih rekening sumber pembayaran
    6. Konfirmasi pembayaran anda

Catatan:

 

Via CIMB Clicks:

    1. Login ke CIMB Clicks
    2. Pilih TRANSFER dan pilih rekening sumber pembayaran di bagian “Transfer Dari”
    3. Masukkan jumlah top up yang ingin dibayarkan
    4. Di bagian “Transfer ke”, pilih Akun Lainnya (CIMB Niaga/Rekening Ponsel), lalu tekan LANJUT
    5. Pilih Bank CIMB Niaga / Rekening Ponsel
    6. Masukkan [VA Generated] sebagai rekening tujuan dan tekan LANJUT
    7. Masukkan 6 digit mPIN anda dan tekan SUBMIT

Catatan:

Minimum transaksi Top Up adalah Rp 10.000,-.

 

Via GO Mobile:

    1. Pilih TRANSFER lalu pilih Transfer ke Rekening CIMB Niaga Lainnya
    2. Pilih rekening sumber pembayaran
    3. Masukkan [VA Generated] sebagai rekening tujuan
    4. Masukkan jumlah top up yang ingin dibayarkan lalu tekan LANJUT
    5. Konfirmasi pembayaran anda dan masukkan PIN Mobile Banking anda

Catatan:

Minimum transaksi Top Up adalah Rp 10.000,-.

Bagaimana cara melakukan top up Saldo DANA melalui bank lainnya?

Untuk Bank selain BCA, Mandiri, CIMB Niaga, proses penambahan saldo (Top Up) dapat dilakukan melalui Transfer Bank ke Virtual Account DANA yang ada di CIMB Niaga. Untuk petunjuk cara melakukan TOP UP dari Bank selain CIMB Niaga, silakan merujuk kepada tata cata pembayaran yang tersedia pada website masing-masing Bank.

Catatan:

Penggunaan Kartu Bank selain BCA, Mandiri, CIMB Niaga akan dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan Bank Penerbit dan minimum transaksi topup adalah Rp 10.000,-.

Bagaimana kalau saya mengisi ulang Saldo DANA melebihi batas maksimal?

Uang kamu akan kami kembalikan melalui transfer bank. Tata cara pengembalian uang dapat dilakukan melalui layanan bantuan di DANA dengan cara:

  1. Pada layar utama DANA, tap ikon Gear di kanan atas.
  2. Pilih “Bagaimana proses dilakukannya refund”
  3. Pilih “Kembalikan ke Rekening Bank”
  4. Input detail rekening (Nama pemegang akun, Bank dan Nomor akun Bank)
  5. Pilih “Simpan”

Berapa jumlah maksimal Saldo DANA?

Saldo maksimal yang dapat disimpan di DANA adalah Rp 1.000.000.

Dimana Saldo DANA saya disimpan?

Saldo DANA anda tersimpan di dalam Bank Kustodian DANA.

Mengapa Saldo DANA saya tidak bertambah setelah melakukan pengisian?

Ketika melakukan pengisian saldo (Top Up), Anda akan melihat saldo DANA bertambah secara real time. Jika saldo DANA tidak bertambah setelah isi saldo, silakan ikuti langkah di bawah ini:

Tunggu maksimal 2(dua) hari kerja. Apabila setelah menunggu saldo DANA Anda belum diterima silahkan hubungi Customer Care 24 jam DANA di nomor 1500445 atau email help@dana.id dengan menyertakan bukti bayar/ Top up.

Apakah saya dapat menarik Saldo DANA saya?

Ya, permintaan Tarik Saldo pada aplikasi DANA dapat dilakukan hanya untuk pengguna yang sudah melakukan upgrade akun DANA, dengan status Terverifikasi.

Bagaimana proses melakukan tarik Saldo DANA?

Pastikan Anda sudah upgrade akun DANA menjadi status Terverifikasi atau Premium untuk melakukan Tarik Saldo. Berikut langkah untuk Tarik Saldo:

  1. Tap Tarik Saldo pada aplikasi DANA
  2. Masukkan Nama Bank tujuan
  3. Masukkan Nomor Rekening tujuan
  4. Masukkan nominal Saldo DANA yang ingin ditarik
  5. Lakukan konfirmasi total nominal Saldo DANA dan biaya transaksi
  6. Masukkan PIN DANA
  7. Status Tarik Saldo DANA akan terlihat.

Berapa minimum Saldo DANA yang dapat ditarik?

Minimum Saldo DANA yang dapat ditarik sejumlah Rp 54.500.

Berapa maksimal Saldo DANA yang dapat ditarik?

Maksimal Saldo DANA yang dapat ditarik sejumlah Rp 1.000.000 per transaksi.

Berapa biaya untuk penarikan Saldo DANA?

Biaya yang dikenakan setiap penarikan Saldo DANA adalah Rp 4.500.

Mengapa Saldo DANA saya tidak sesuai?

Jika Anda merasa saldo DANA Anda tidak sesuai setelah melakukan transaksi di DANA, Anda dapat melakukan pengecekan kembali di menu “transaksi” yang ada pada layanan DANA, cek di menu “completed” untuk melihat riwayat transaksi yang Anda lakukan dan juga nominalnya.

Jika saldo DANA Anda tetap tidak sesuai setelah melakukan hal di atas, silakan hubungi Customer Care 24 jam DANA di nomor 1500445 atau email help@dana.id

Mengapa Saldo DANA saya hilang ketika membatalkan pesanan?

Bila Anda membatalkan pesanan dan saldo DANA berkurang, jangan panik. Anda hanya perlu melakukan hal-hal berikut:

Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas namun saldo DANA Anda masih belum sesuai silakan hubungi Customer Care 24 jam DANA di nomor 1500445 atau email help@dana.id

Berapa minimum saldo untuk menggunakan DANA? Apakah saya harus mengendapkan saldo agar akun DANA saya tetap aktif?

Tidak ada minimum saldo yang harus diendapkan. Saldo DANA tetap bisa digunakan selama mencukupi untuk melakukan transaksi.

Bagaimana cara tarik Saldo DANA di Alfamart, Alfamidi, dan DAN+DAN?

Fitur Tarik Saldo DANA hanya dapat diakses jika pengguna sudah melakukan upgrade akun DANA menjadi Terverifikasi atau Premium. Berikut langkah untuk melakukan Tarik Saldo DANA:

  1. Kunjungi gerai Alfamart, Alfamidi, atau DAN+DAN terdekat.
  2. Tap Tarik Saldo pada aplikasi DANA
  3. Tap agen
  4. Tap Tampilkan Token
  5. Sebutkan nomor ponsel yang terdaftar di akun DANA dan token Anda pada kasir, serta sebutkan jumlah nominal tarik tunai yang diinginkan.
  6. Apabila token Anda habis masa berlakunya, tap Tampilkan Token kembali
  7. Tarik saldo hanya bisa dilakukan oleh Anda sendiri sebagai pemilik akun DANA dan tidak dapat diwakilkan.

Catatan:

Apa saja syarat dan ketentuan tarik saldo bebas biaya admin?

Berikut Syarat dan Ketentuan Tarik Saldo bebas biaya admin:

  1. Tarik Saldo bebas biaya admin hanya berlaku sebanyak 10x setiap bulan.
  2. Tarik Saldo bebas biaya admin hanya untuk metode transfer bank.
  3. Jika Tarik Saldo gagal, maka kuota Tarik Saldo bebas biaya admin tidak dihitung.
  4. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Bagaimana cara Top Up Saldo DANA melalui Ramayana dan Robinson?

Berikut langkah untuk melakukan Top Up Saldo DANA:

  1. Kunjungi gerai Ramayana atau Robinson terdekat
  2. Kunjungi kasir untuk melakukan Top Up DANA
  3. Berikan nomor ponsel yang terdaftar di DANA
  4. Sebutkan nominal Top Up yang ingin ditambah, dengan minimum Top Up senilai Rp 50.000 dengan kelipatan Rp50.000 hingga Rp1.000.000
  5. Ikuti instruksi selanjutnya dari kasir untuk menyelesaikan transaksi

Bagaimana cara Top Up Saldo DANA melalui Alfamart, Alfamidi, dan DAN+DAN?

Berikut langkah untuk melakukan Top Up Saldo DANA:

  1. Kunjungi gerai Alfamart, Alfamidi atau DAN+DAN terdekat
  2. Kunjungi kasir untuk melakukan Top Up DANA
  3. Berikan nomor ponsel yang terdaftar di DANA
  4. Sebutkan nominal Top Up yang ingin ditambah, dengan minimum Top Up senilai Rp 50.000 dengan kelipatan Rp50.000 hingga Rp500.000.
  5. Ikuti instruksi selanjutnya dari kasir untuk menyelesaikan transaksi

Apakah transaksi akun virtual dengan sistem SKN (kliring) dapat dilakukan di DANA?

Untuk transaksi bersifat kliring tidak bisa dilakukan dan kami sarankan untuk melakukan transaksi dengan pilihan transfer Online (bersifat real-time/secara langsung).

Bagaimana cara melakukan pembayaran dengan kartu debit di DANA?

Anda bisa menggunakan semua kartu debit yang dikeluarkan oleh bank di Indonesia yang memiliki logo VISA/Mastercard. Berikut langkah pembayaran dengan kartu debit:

  1. Pilih metode pembayaran kartu debit
  2. Masuk ke menu konfirmasi pembayaran
  3. Masukkan nomor kartu
  4. Masukkan masa berlaku kartu
  5. Masukkan kode CVV
  6. Tap 'Bayar'
  7. Masukkan PIN DANA
  8. Pembayaran berhasil

Apa yang dimaksud dengan pembayaran dengan kartu debit?

Kartu pembayaran yang dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai ketika melakukan transaksi, dengan menarik sumber dana langsung dari rekening bank pengguna.

Bagaimana cara melakukan pembayaran tagihan Telkom di aplikasi DANA?

Berikut langkah untuk melakukan pembayaran tagihan Telkom:

  1. Buka aplikasi DANA dan tap Telepon
  2. Masukkan nomor telepon yang ingin dibayarkan
  3. Ikuti langkah selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi

Apakah semua kartu debit dapat melakukan transaksi online?

Transaksi online dapat dilakukan oleh seluruh kartu debit yang dikeluarkan oleh bank di Indonesia dan berlogo VISA/ Mastercard. Sebelumnya, hubungi bank terkait untuk melakukan aktivasi kartu debit Anda sehingga dapat digunakan secara online.

Apakah saya bisa mengganti metode pembayaran untuk transaksi yang belum terbayar?

Anda bisa mengganti metode pembayaran selama status transaksi belum kedaluwarsa. Berikut langkahnya:

  1. Masuk ke menu 'Riwayat' dan tap 'In Progress'
  2. Tap 'Lanjutkan'
  3. Tap 'Ganti Metode Pembayaran'
  4. Tap Metode Pembayaran yang ingin digunakan
  5. Tap 'Konfirmasi' untuk melanjutkan

Apakah saya dapat membayar Bukalapak tanpa menggunakan Saldo DANA?

Bisa, silakan memilih metode pembayaran dengan Bank Transfer atau Kartu Kredit.

Apakah saya bisa melakukan pembayaran dengan saldo DANA untuk nilai transaksi lebih dari Rp1.000.000?

Saat ini tidak bisa, namun Anda dapat melakukan pembayaran dengan Bank Transfer melalui akun virtual DANA.

Bagaimana proses mekanisme pengembalian Saldo DANA?

Pengembalian Saldo DANA akan dilakukan melalui mekanisme berikut: 

  1. Pembayaran dengan Saldo DANA akan dikembalikan ke Saldo DANA secara langsung atau real-time
  2. Pembayaran dengan kartu kredit akan dikembalikan ke limit kartu kredit dalam kurun waktu 7-14 hari kerja
  3. Pembayaran dengan Bank Transfer untuk transaksi di Bukalapak dan Reservasi, proses pengembalian akan dilakukan langsung oleh pihak merchant/penjual dengan menghubungi pengguna untuk menanyakan detail informasi terkait data rekening.