Di era digital ini, kemudahan dalam melakukan transaksi online sering disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satu modus penipuan yang marak terjadi adalah penipuan yang mengatasnamakan DANA. Jika kamu menjadi korban penipuan dari pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan DANA tersebut, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil. Simak yuk!

Apakah Kerugian Pengguna DANA Bisa Diganti?

DANA memahami kekhawatiran TemanDANA terkait dengan keamanan saat bertransaksi. Untuk itu, DANA memiliki DANA Protection, yakni fitur keamanan berlapis yang melindungi para pengguna DANA dari transaksi tidak sah yang diakibatkan oleh pengambilalihan akun (account take over/ “ATO”).

Perlindungan ini berlaku untuk Saldo DANA, transaksi dari kartu debit/kredit yang tersimpan di DANA, eMAS, DANA CICIL dan juga DANA Goals. Dengan perlindungan ini, DANA akan memberikan ganti rugi sesuai dengan nilai kerugian yang dialami sama kamu.

Baca juga: Bagaimana Jika Uang di DANA Hilang?

Untuk bisa mendapat perlindungan DANA Protection, kamu harus memiliki akun DANA Premium yang sudah terverifikasi ya. Yuk, simak info lengkap tentang DANA Protection!

Syarat mendapatkan perlindungan DANA Protection

  • Memiliki akun DANA Premium.
  • Mengaktifkan Verifikasi Wajah (DANA Viz).
  • Tidak memberikan kode keamanan dan informasi verifikasi (OTP/PIN) kepada orang lain.

Bentuk ATO yang diakui DANA Protection:

  • Kehilangan Handphone: DANA hanya menanggung 1 kali kehilangan handphone untuk laporan pertama.
  • Serangan Brute Force: Kehilangan saldo akibat orang lain menyalahgunakan akun DANA dan melakukan transaksi tidak terotorisasi.

Perlindungan DANA Protection tidak mencakup:

  • Kelalaian pengguna.
  • Penipuan (scam), phishing, atau tindakan kecurangan.
  • Malware dalam perangkat pengguna.
  • Transaksi pada perangkat terpercaya dan terverifikasi oleh DANA.
  • Klaim palsu dan/atau penipuan.

Klaim Perlindungan DANA Protection:

  • Harus dilakukan dalam 60 hari setelah ATO melalui Layanan Pengguna (Customer Care) DANA dengan bukti-bukti yang lengkap.
  • DANA dapat menolak klaim jika: -- Pengguna tidak memberikan informasi yang diminta. -- Investigasi menunjukkan kelalaian pengguna atau termasuk dalam poin 6 di atas. -- Pengguna mengajukan klaim palsu.

Kebijakan Perlindungan DANA Protection:

  • Kebijakan dan keputusan DANA mengenai perlindungan DANA Protection bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • DANA tidak bertanggung jawab atas kelalaian pengguna dalam menjaga informasi pribadinya.
  • DANA dapat mengubah kebijakan perlindungan DANA Protection dengan pemberitahuan 30 hari sebelumnya.

Fitur Scam Checker di DANA Protection

Fitur ini bisa membantumu untuk memverifikasi nomor telepon, tautan, akun media sosial, dan nomor rekening yang mencurigakan.

Baca juga: Cara Lapor Penipuan Akun DANA

Catatan:

  • Kamu bertanggung jawab atas transaksi, mengakses tautan, dan berkomunikasi dengan nomor telepon, tautan, akun media sosial, dan nomor rekening yang telah diperiksa oleh DANA.
  • Fitur Scam Checker memiliki batasan kuota untuk pemeriksaan.
  • DANA dapat mengubah batasan kuota dan akan memberitahukannya kepada penggu.

Agar selalu aman, pastikan untuk menjaga keamanan akunmu & bertransaksi dengan hati-hati ya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa cek di halaman berikut ini%20%26%20Fitur%20Scam%20Checker)

Bagaimana Memproses Laporan Penipuan ke DANA?

Jika kamu menjadi korban penipuan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kejadian tersebut sesegera mungkin. Berikut adalah cara-caranya:

1. Melalui Chatbot DIANA:

  • Buka aplikasi DANA dan pilih menu “Bantuan".
  • Pilih "Chat with DIANA".
  • Jelaskan secara detail kronologi kejadian penipuan yang kamu alami.
  • Lampirkan bukti-bukti yang mendukung laporanmu, seperti screenshot bukti transfer, chat dengan penipu, dan lain sebagainya.

2. Melalui Email:

  • Kirim email ke help@dana.id dengan subjek "Laporan Penipuan".
  • Jelaskan secara detail kronologi kejadian penipuan yang kamu alami.
  • Lampirkan bukti-bukti yang mendukung laporanmu, seperti screenshot bukti transfer, chat dengan penipu, dan lain sebagainya.

Informasi Penting yang Harus Dicantumkan dalam Laporan:

  • Urutan kejadian penipuan secara singkat, padat, dan jelas.
  • Bukti transfer (dapat berupa mutasi rekening yang menunjukkan tanggal dan jam transaksi di aplikasi DANA).
  • Bukti chat atau log panggilan telepon dengan penipu (jika ada).
  • Bukti pendukung lain yang dapat memperkuat laporanmu.

Proses Investigasi:

  • Setelah menerima laporanmu, DANA akan melakukan investigasi untuk memverifikasi informasi dan memastikan bahwa transaksi tersebut benar-benar merupakan penipuan.
  • Proses investigasi biasanya memakan waktu 7x24 jam.

Baca juga: Apakah Saldo DANA Bisa Dicuri?

Tips Agar Terhindar dari Penipuan

Untuk meminimalkan risiko menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan DANA, kamu bisa ikuti tips-tips ini ya:

  • Aktifkan DANA Protection: Pastikan kamu sudah memakai akun DANA Premium dan mengaktifkan DANA Protection.
  • Jaga kerahasiaan data pribadi: Jangan pernah membagikan informasi pribadimu seperti PIN, kata sandi, atau OTP kepada siapapun, termasuk orang yang mengaku sebagai tim DANA.
  • Berhati-hatilah dengan modus penipuan: Kenali modus-modus penipuan yang marak terjadi, seperti penawaran hadiah, permintaan transfer dana atas nama orang lain, dan lain sebagainya.
  • Lakukan transaksi hanya dengan pihak terpercaya: Pastikan kamu hanya melakukan transaksi dengan pihak yang kamu kenal dan terpercaya.
  • Periksa kembali detail transaksi sebelum mengkonfirmasi: Pastikan kamu telah meninjau kembali detail transaksi seperti nama penerima, nominal, dan deskripsi sebelum mengkonfirmasi transaksi.
  • Laporkan transaksi mencurigakan: Segera laporkan ke DANA jika kamu menemukan transaksi yang mencurigakan di akunmu.

Jangan lupa untuk ikuti tips-tips di atas supaya kamu bisa meningkatkan kewaspadaan dan terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan DANA ya.

Download DANA