Digital transformasi mendorong kita untuk melakukan semuanya secara online. Ini termasuk urusan pembayaran dan transaksi non-tunai yang kini bergeser ke dompet digital.

Kendati demikian, keamanan menjadi hal yang sangat penting dan krusial di dunia digital. Oleh sebab itu, layanan dompet digital DANA menawarkan keamanan berlipat ganda untuk setiap penggunanya.

Saat mendaftar DANA, Anda akan diminta untuk membuat PIN rahasia berjumlah enam angka. PIN ini harus selalu diingat karena dibutuhkan untuk setiap transaksi yang dilakukan di aplikasi.

Namun, bagaimana jika lupa PIN? Anda tidak perlu khawatir karena DANA menyediakan fitur Ganti PIN yang dapat dengan mudah dilakukan.

Beberapa Hal Yang Membuat Anda Perlu Untuk Mengganti PIN DANA

Bukan hanya karena lupa, terdapat banyak alasan yang membuat pengguna merasa perlu untuk mengganti PIN. Pertama adalah untuk menjaga keamanan akun.

Di dunia digital, setiap akun yang menggunakan kode keamanan disarankan untuk diganti secara berkala. Begitu juga dengan PIN di dompet digital DANA.

Dengan mengganti PIN secara berkala, Anda dapat meningkatkan keamanan akun dan mencegah orang lain yang terindikasi mengetahui PIN Anda menyalahgunakan akun Anda.

Baca juga: Aplikasi DANA Bermasalah

Cara Ganti PIN Akun Anda Dengan Mudah dan Cepat

Terdapat dua cara mengganti PIN DANA. Jika Anda ingat dengan PIN lama, langkah-langkahnya akan lebih mudah dan ringkas dibandingkan jika Anda lupa PIN. Bagi Anda yang masih ingat dengan PIN lama, silakan ikuti cara di bawah ini.

  1. Mengganti PIN DANA lewat pengaturan
  2. Masuk ke aplikasi DANA.
  3. Pilih menu Saya
  4. Klik Pengaturan Keamanan.
  5. Pilih Ganti PIN.
  6. Masukkan PIN lama.
  7. Masukkan PIN Baru.
  8. Masukkan kembali PIN baru.
  9. Ganti PIN berhasil.

Namun, bagi Anda yang ingin mengganti PIN dikarenakan lupa, dapat merujuk pada langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi DANA Anda.
  2. Tap Lupa PIN di halaman login.
  3. Untuk verifikasi akun, masukkan 4 digit kode yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda.
  4. Kalau Anda sudah mengaktifkan Pertanyaan Keamanan, silakan masukkan NIK (nomor KTP) Anda atau jawab 3 Pertanyaan Keamanan yang ada di aplikasi DANA.
  5. Jika jawabannya benar, silakan masukkan PIN baru Anda.
  6. Kalau jawabannya salah 3 kali berturut-turut, Anda akan diarahkan untuk menghubungi Customer Service DANA.
  7. Jika Anda tidak mengaktifkan “Pertanyaan Keamanan”, langsung masukkan PIN baru Anda.
  8. Selanjutnya, masukkan kembali PIN baru Anda.
  9. PIN DANA Anda berhasil diubah!

Itu dia cara mengganti PIN DANA Anda. Apabila terdapat kendala selama proses ganti PIN, Anda dapat menghubungi Diana yang siap membantu pelanggan DANA kapan saja.

Download DANA