Memiliki lebih dari satu nomor HP adalah hal yang lumrah bagi setiap orang. Dengan teknologi yang semakin canggih, HP kini dapat menyimpan dua nomor dalam satu perangkat.

Dengan demikian, hal ini memungkinkan penggunanya untuk memiliki lebih dari satu akun pada aplikasi apapun yang membutuhkan nomor, termasuk dompet digital seperti DANA.

Untuk menggunakan DANA, kamu hanya perlu mendaftarkan nomor HP yang aktif untuk setiap akun. Jika kamu ingin membuat akun baru DANA, maka kamu harus mendaftarkan nomor HP baru yang berbeda.

Namun, untuk beralih ke akun baru tersebut, kamu perlu mengganti nomor HP yang yang saat itu terdaftar di aplikasi, dengan nomor lainnya. Tidak perlu khawatir, khawatir karena cara mengganti nomor handphone di DANA tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Untuk itu, simak artikel ini sampai habis untuk mengikuti langkah-langkahnya ya!

Apakah Nomor HP Yang Tercantum di DANA bisa diganti?

Sebagai dompet digital yang telah digunakan oleh lebih dari 170 juta pengguna, DANA memahami kebutuhan penggunanya yang dinamis dengan menawarkan fleksibilitas pada aplikasinya.

Jika ada kendala dengan nomor HP, seperti nomor sudah kadaluarsa misalnya, pelanggan tidak perlu cemas karena nomor yang tercantum di DANA dapat diganti dengan mudah dan cepat.

Namun, perlu diketahui bahwa nomor HP yang terdaftar di DANA hanya dapat diubah setiap 90 hari. Artinya, pengguna tidak bisa mereset ulang akun apabila nomor HP yang baru saja diubah itu belum mencapai 90 hari.

Baca juga: Apakah DANA Mempunyai WhatsApp Resmi?

Langkah - Langkah Untuk Mengganti Nomor HP Akun DANA

Sebelum memasuki cara mengganti nomor handphone di DANA, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal penting. Pertama, tentu saja siapkan nomor HP baru yang akan dipakai untuk mendaftar DANA.

Pastikan nomor tersebut terpasang di ponsel yang sama dengan aplikasi DANA. Pastikan juga nomor HP baru dan nomor lama aktif jika kamu memilih opsi verifikasi dengan kode OTP.

JIka hal-hal tersebut sudah disiapkan, kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi DANA, tap Saya.
  2. Tap Pengaturan Profil.
  3. Tap Nomor Ponsel.
  4. Tap Ganti Nomor. Silahkan pilih metode verifikasi yang kamu inginkan:

a. Kirim kode OTP ke nomor lama:

  • Masukkan PIN akun DANA.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS ke nomor DANA ID kamu yang lama.
  • Masukkan nomor DANA ID kamu yang baru (DANA ID kamu terhubung dengan nomor HP kamu untuk proses verifikasi keamanan akun DANA kamu) dan tap Berikutnya.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS ke nomor DANA ID yang baru.
  • Muncul konfirmasi sukses melakukan perubahan nomor DANA ID dan kamu harus masuk kembali (re-login) ke akun kamu.

Baca juga: Kenapa Akun DANA Dibekukan?

b. Saya sudah tidak memiliki nomor lama:

  • Apabila kamu sudah mengaktifkan “Pertanyaan Keamanan” sebelumnya, maka kamu akan diarahkan untuk menjawab 3 pertanyaan keamanan terlebih dahulu.
  • Apabila seluruh jawaban kamu benar pada poin nomor 1, maka kamu dapat langsung melakukan perubahan nomor baru kamu di DANA, namun apabila dalam jawabannya salah 3 kali berturut turut, kamu akan diarahkan untuk memasukkan email kamu untuk proses verifikasi akun DANA kamu.
  • DANA akan mengirimkan email untuk instruksi selanjutnya.
  • Tap Tutup.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kini kamu memiliki nomor HP DANA yang baru. Lewat aplikasi DANA, kamu bisa melakukan transaksi secara online dan memenuhi semua kebutuhan keuangan dengan mudah dan aman.

Download DANA