DANA adalah e-wallet yang memudahkan kehidupan pengguna dengan berbagai fiturnya. Transaksi pengguna dengan dompet digital ini diproteksi dengan berbagai sistem dan sertifikasi keamanan.
Lantas bagaimana dengan keamanan saldo pengguna, apakah uang yang hilang di DANA bisa kembali? Nah, artikel ini akan menjelaskan pertanyaan tersebut termasuk mekanisme pelaporan bila pengguna mengalami kehilangan atau merasa saldo di aplikasi DANA berkurang.
Apakah uang yang hilang di DANA bisa Kembali? Cek Disini
DANA sendiri menyediakan fitur DANA Protection yang manjamin pengembalian uang 100% pengguna jika disebabkan oleh pembobolan akun dari pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun Hal yang perlu diketahui adalah fitur ini hanya berlaku pada pengguna dengan akun DANA Premium
Penyebab Uang Hilang di DANA
Ada banyak faktor yang berpotensi menyebabkan saldo DANA pengguna hilang. Namun setidaknya ada tiga penyebab yang bisa diidentifikasi, sebagai berikut.
Langganan atau aplikasi uji coba gratis yang lupa dihentikan sebelum selesai
Berbagai layanan digital kini bisa diakses lewat aplikasi mobile, baik untuk menunjang aktivitas, produktivitas atau sekadar hiburan. Beberapa di antara aplikasi itu juga menyediakan opsi langganan berbayar untuk dapat fitur premium, dengan metode pembayaran menggunakan e-wallet DANA atau lainnya.
Untuk merayu pengguna berlangganan, aplikasi tertentu seringkali menawarkan uji coba akses premium gratis selama periode tertentu, misalnya satu bulan.
Nah, seringkali pengguna yang menjajal akses premium gratis, lupa menyetopnya. Walhasil, saldo e-wallet DANA-nya terpotong otomatis.
Praktik ini terkadang tidak disadari pengguna, sehingga merasa uangnya hilang di aplikasi DANA.
Scam
Scam adalah istilah untuk skema penipuan dengan tujuan akhir mendapatkan uang atau sesuatu yang berharga milik korban. Praktik ini biasanya dilakukan oleh individu, kelompok atau bahkan perusahaan.
Ada banyak jenis scam, tetapi salah satunya yaitu scam dalam bentuk survei online. Jadi, pelaku scam akan menawarkan uang atau hadiah ke peserta yang bersedia mengikuti survei lewat situs tertentu. Mereka akan berupaya membuat perserta/korban berlama-lama di situs web itu.
Namun sebenarnya praktik itu dilakukan untuk mengambil mendapat data demografis korban, kemudian penipu atau scammer menjual data itu ke pihak yang memerlukan. Sementara hadiah yang dijanjikan sebelumnya tidak dibayarkan.
Phising
Phising termasuk dari salah satu jenis scam. Modus ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendapatkan uang atau sesuatu yang berharga milik korban.
Namun metode yang digunakan adalah dengan menyamar seolah sebagai pihak resmi. Misalnya menjual tiket konser dan menipu korban seolah sebagai pihak penyelenggara resmi dan sebagainya.
Dalam kasus DANA, Anda bisa saja menerima e-mail atau media lainnya yang mengatasnamakan pihak DANA, padahal dari penipu dengan modus phising.
Apa Yang Harus Dilakukan Jika Saldo DANA hilang
Bila Anda menerima pesan yang mencurigakan atau merasa kehilangan uang karena mengeklik tautan dari e-mail yang dikirim penipu, Anda bisa melaporkannya secara langsung ke pihak DANA dengan cara berikut.
Lapor via live chat DANA Digital Assistance (“ DIANA ”)
DANA memiliki asisten digital atau chatbot yang disebut DANA Digital Assistance (DIANA). Anda bisa melaporkan praktik penipuan atau kehilangan saldo lewat DIANA. Utuk mengakses DIANA, Anda bisa mengunjungi halaman "Saya" di aplikasi DANA, tetrletak di pojok kanan bawah aplikasi.
Sebelum melakukan pelaporan, pastikan Anda mengingat kronologi kehilangan, agar tim DANA bisa mengidentifikasinya lebih lanjut.
Secara umum, DANA akan mengganti saldo yang hilang 100 persen, bila insiden kehilangan disebabkan oleh masalah keamanan di DANA atau aplikasi pihak ketiga yang bermitra dengan DANA.
Namun, bila uang yang hilang di DANA dikarenakan oleh pengguna, seperti mengakses e-mail phising dan lain sebagainya, maka saldo yang hilang tidak dapat dipulihkan.
Untuk melindungi keamanan pengguna, aplikasi DANA sendiri dilengkapi dengan sejumlah sertifikasi keamanan yang diakui secara internasional. Beberapa di antaranya yaitu ISO 27001 terkait Manajemen Keamanan Informasi yang melindungi data pengguna, PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yang menjadi standar keamanan data pembayaran melalui kartu, serta Zero Data Sharing Policy yang menjamin keamanan data pengguna.
Operasional e-wallet DANA juga sudah memenuhi regulasi dan diawasi oleh Bank Indonesia, sehingga transaksi di DANA dapat dipastikan aman, mudah dan nyaman.