logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
26 June, 2020

WHO: Covid-19 Menular Lewat Droplet, Bukan Udara

Lawan COVID-19

Meluruskan informasi meresahkan yang menyebutkan bahwa Covid-19 menular melalui udara.


Badan Kesehatan Dunia ( WHO) masih menyatakan Covid-19 menular melalui percikan air ludah (droplet) orang yang terinfeksi penyakit tersebut. Jadi, informasi yang menyebut WHO mengeluarkan pernyataan bahwa Covid-19 dapat ditularkan melalui udara adalah kurang tepat. Ini untuk meluruskan informasi salah yang beredar lewat WhatsApp Messenger. 


Virus ini menular ketika orang itu terinfeksi virus corona, kemudian dia batuk, bersin atau bicara. Juga apabila droplet itu jatuh ke permukaan benda-benda di sekitarnya, lalu ada orang menyentuh benda tersebut tanpa mencuci tangan setelahnya, maka potensi penularan bisa terjadi. 


Selain itu, Covid-19 juga bisa menular kepada orang secara langsung apabila orang itu menghirup droplet dari orang yang terjangkit penyakit itu. Oleh karena itu memakai masker, menjaga jarak minimal satu meter, dan rajin mencuci tangan dengan air yang mengalir bisa mencegah penularan Covid-19. 


Memilah informasi yang beredar seputar Covid-19 sangatlah penting. TemanDANA harus memastikan kalau berita yang diterima adalah fakta, bukan hoaks. Cek juga tanggal pemberitaan sebelum menyebarkan kepada orang lain. Untuk mengetahui info terpercaya mengenai Covid-19, TemanDANA bisa mendapatkan update hariannya di aplikasi DANA. 


Baca selengkapnya di sini


(Erick)