logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
26 July, 2020

Sebelum Injak Usia 30, Yuk Kuasai Soft Skill Ini!

Tips Pasti

Ini akan menjadi bekal dalam mengarungi dunia pekerjaan dan membangun karir di masa depan.


TemanDANA, usia 20-an bisa dibilang salah satu fase hidup yang penting bagi kita merencanakan karir di masa depan. Sehingga, selain menyelesaikan pendidikan normal, ada banyak hal yang sebaiknya kita pelajari di fase ini, terutama yang berkaitan dengan soft skill. 


Kemampuan ini nantinya bisa menjadi bekal kita dalam mengarungi dunia pekerjaan dan membangun karir di masa depan. Bahkan bukan hanya di dunia kerja, tetapi juga di kehidupan bermasyarakat pada umumnya. 


Apa saja kira-kira soft skill yang wajib kita kuasai sebelum usia 30? Yuk, simak!


Public Speaking


Public speaking merupakan soft skill yang harus dimiliki oleh semua orang. Karena berkomunikasi adalah hal penting dan esensial dalam menjalin relasi. Public speaking di sini bukan semata-mata presentasi atau pidato di depan orang lain, melainkan berkomunikasi dengan publik secara general. Saat ini, kita bisa mulai mempelajari skill ini secara online, seperti lewat YouTube atau web khusus pembelajaran seperti Ruangguru, misalnya. 


Kepemimpinan


Skill ini sangat dibutuhkan dalam berkarir. Tidak hanya untuk posisi manajer ke atas, skill ini tetap sangat dibutuhkan di saat kita bekerja sama dalam sebuah tim. Jadi dari sekarang, segera cari tau karakteristik kepemimpinan seperti apa yang baik, dan berlatihlah untuk bisa menjalankan hal itu. 


Bahasa Asing

Ini merupakan keterampilan dasar yang perlu dimiliki setiap individu profesional saat ini. Kebanyakan perusahaan juga mengharuskan calon karyawannya untuk minimal mampu berbahasa Inggris. Akan lebih baik lagi kalau kita menguasai juga bahasa asing lainnya, seperti bahasa Mandarin, Jepang, atau Perancis.


Pengaturan Keuangan


Ketika sudah memiliki penghasilan sendiri, kita harus pandai mengatur sirkulasi keuangan. Memiliki budgeting skill yang baik akan bermanfaat bagi kita ketika akan memulai berinvestasi, membeli kendaraan, atau rumah. Hal ini juga akan membantu kita untuk terhindar dari krisis keuangan di masa depan.


Kecerdasan Emosional (EQ)


Memiliki kecerdasan intelektual saja terkadang tidak cukup, kecerdasan emosional yang baik juga diperlukan dalam berinteraksi dengan orang lain. Secara umum, kecerdasan emosional berkaitan dengan kemampuan mengenali emosi dan melatih rasa empati.



Itu dia beberapa skill dasar yang sebaiknya kita kuasai sebelum menginjak usia 30, TemanDANA. Tentunya masih banyak ketrampilan-ketrampilan lainnya yang bisa kita asah selagi masih muda, seperti berpikir kritis, kreatif, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana jika usia kita sudah lewat 30? Ya, tidak ada masalah. Karena toh yang namanya belajar tidak kenal usia bukan?


Apalagi saat ini belajar tidak hanya bisa dilakukan di sekolah atau tempat normal. Dengan kecanggihan teknologi, saat ini kita bisa belajar apa saja online dari rumah. Salah satu web pembelajaran yang bisa kita akses adalah Ruangguru, yang pembayaran untuk berlangganannya bisa menggunakan Dompet Digital DANA. 


So, tunggu apa lagi? Mari kita belajar! 


(Erick)