logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
29 July, 2020

Mau Ikut Coba Vaksin Corona? Ini Syaratnya

Lawan COVID-19

Dibutuhkan 1.620 relawan uji coba untuk uji klinis vaksin ini.

Pemerintah saat ini sedang melakukan uji klinis vaksin Corona dari Tiongkok. Vaksin ini adalah hasil kerja sama antara perusahaan farmasi pelat merah PT Bio Farma dengan Sinovac.


Dalam melakukan uji klinis ini, Bio Farma butuh 1.620 relawan uji coba. Maka dari itu, Kementerian BUMN mengajak masyarakat luas untuk bisa bergabung menjadi relawan uji coba vaksin.


Bagi yang berminat, syaratnya adalah harus berumur 18 hingga 59 tahun dan tidak sedang melakukan uji klinis apapun. Kemudian calon relawan juga tidak memiliki riwayat terinfeksi virus Corona serta tidak memiliki penyakit bawaan lainnya.

 

Lantas, seperti apa tahapan uji coba yang akan dilakukan?


Nantinya, relawan akan diberikan dua dosis vaksin selama masa uji klinis, dengan jeda 14 hari, setelah itu relawan akan diambil darahnya untuk menjadi sampel penelitian. Total, akan ada 4 penelitian dari sampel darah usai diberikan dua dosis vaksin Corona.


Pendaftaran peserta uji klinis ini dibuka hingga 31 Agustus 2020, dan bisa dilakukan dengan menghubungi Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin Bandung.


Bagaimana, apakah TemanDANA berminat? Harapan kita adalah semoga riset vaksin ini berhasil dan bisa segera diproduksi massal. Untuk berita mengenai perkembangan vaksin dan update terkini COVID-19 global, TemanDANA bisa memantaunya selalu di fitur COVID-19 INFO di aplikasi DANA.


Selengkapnya baca di sini.


(Erick)