logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
30 July, 2020

Jangan Stres, Ini 6 Tips Atasi Tekanan Kerja di Masa New Normal

Lawan COVID-19

Less stress, more happiness, and stay healthy! 

Setiap pekerjaan pasti punya tekanan dan tantangan. Dan di era pandemi seperti sekarang ini, kendala tersebut ini terasa seperti bertambah dua kali lipat. Terutama bagi kita, para karyawan, yang sudah diharuskan untuk bekerja dari kantor alias work from office.


Bagaimana tidak, selain memikirkan pekerjaan, kita juga dituntut untuk tetap waspada dan berjaga-jaga dengan kemungkinan terpapar virus Corona di luar sana. Apalagi belakangan ini mulai marak berita mengenai berkembangnya “klaster perkantoran”, yaitu penyebaran virus yang terjadi di lingkungan kantor.


Hal seperti ini tentu menambah tekanan pada pikiran kita. Tidak sedikit juga yang jadi stres berlebih karena kondisi ini. Padahal, stres adalah pangkal segala penyakit. Karena keadaan tertekan ini justru bisa melemahkan pertahanan tubuh kita untuk menangkal penyakit yang muncul.


Untuk itu, manajemen stres penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, TemanDANA! Berikut adalah tips mengelola tekanan kerja yang bisa dilakukan:


1. Batasi jam kerja


Sejak WFH, banyak pekerja yang merasakan jadwal kerjanya jadi tak menentu. Pekerjaan bisa datang kapan saja, entah malam atau weekend sekalipun, benar-benar tidak mengenal waktu. Dan “kebiasaan baru” ini masih terus berlanjut di fase new normal ini. Hal tersebut tidak baik untuk kita. Untuk itu, kita perlu membuat jadwal kerja secara jelas. Sebisa mungkin, hindari terima telepon atau email seputar pekerjaan di luar jam kerja. Jangan mengganggu waktu rekan kalian.


2. Saling memberikan dukungan dan bantuan antar teman kerja

Meski kita diminta untuk menjaga jarak dengan sekitar, bukan berarti kita menjaga jarak hubungan sosial dan tidak saling peduli dengan teman kantor kita. Saling memberi dukungan dan bantuan antar teman sekantor penting untuk dilakukan. Dengan saling berbagi dan menguatkan, akan mengurangi tekanan yang ada di pikiran kita.


3. Perbanyak humor dan tertawa

Tertawa bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang menciptakan perasaan bahagia dan mengirimkan dopamin ke otak. Dopamin ini dapat memberikan efek rasa bahagia yang berkepanjangan. Jadi, bercanda dengan teman-teman kantor perlu untuk dilakukan. Jangan lupa jaga jarak ya, TemanDANA!


4. Manfaatkan waktu istirahat sebaik-baiknya


Kerja keras boleh, tapi jangan sampai lupa waktu dan bekerja terus di waktu istirahat. Jika mempunyai waktu istirahat, pergunakanlah sebagai mana mestinya. Rileks, jauhkan diri kalian dari pekerjaan sejenak.


5. Lakukan kegiatan menyenangkan


Work hard, play hard. Jangan terlalu sibuk bekerja sampai melupakan hobi atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Ketika selesai bekerja atau saat di rumah, carilah kegiatan menghibur untuk dilakukan. Bisa dengan mendengar musik, membaca buku, menonton film, memelihara ikan, berkebun, atau hal-hal lainnya.


6. Luangkan waktu bersama keluarga


Percayalah, kalau “harta yang paling berharga adalah keluarga” bukan sekadar jargon. Jadi, selalu luangkan waktu kita bersama keluarga. Jika selama weekdays kita sibuk bekerja, manfaatkan waktu di akhir pekan untuk melakukan aktivitas menyenangkan bersama keluarga. Hal ini juga bisa meningkatkan bonding dan rasa kekeluargaan yang makin erat.



Bisa dibilang, kalau inti dari semuanya adalah keseimbangan. Bagaimana kita menyeimbangkan kehidupan kita, antara pekerjaan dan kegiatan pribadi. Dengan begitu, tekanan pekerjaan yang berlebihan bisa dikurangi!


Jika TemanDANA merasakan tekanan berlebih dan membutuhkan konsultasi kesehatan, TemanDANA bisa menggunakan fitur Telemedicine di aplikasi DANA. Di situ, TemanDANA bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter ahli via video call, kapan saja dan dari mana saja.


Nah, ingat ya, TemanDANA: less stress, more happiness, and stay healthy! 


(Erick)