logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
13 September, 2020

Cegah Stres dengan Olahraga Ringan Saat Pandemi

Lawan COVID-19

Beberapa pilihan olahraga aman dilakukan di masa pandemi, sekaligus membuat tubuh sehat dan bugar.

Di saat pandemi seperti sekarang ini, orang-orang akan berada di rumah dengan waktu yang cukup lama. Hal tersebut kadang membuat beberapa orang merasa stres karena ruang gerak mereka menjadi terbatas.


Salah satu cara untuk melepaskan ketegangan akibat stres tersebut bisa dengan melakukan olahraga ringan. Sebagian orang merasa bisa mengeluarkan tekanan emosional saat berolahraga.


Ada beberapa pilihan olahraga yang relatif aman untuk dilakukan di masa pandemi ini, sekaligus membuat tubuh sehat dan bugar.


1. Peregangan

Stres dapat membebani otot. Sementara jika bekerja terlalu lama sambil duduk di depan laptop dapat menekan leher dan bahu. Ketika kita melepaskan sebagian ketegangan otot fisik ini melalui peregangan, kita mungkin juga akan merasakan lebih sedikit tekanan emosional.


Lakukan peregangan selama 10 menit. Mulailah dengan area tubuh yang terasa kencang. Jika itu terjadi di mana-mana, fokuslah pada bahu, leher, betis, paha belakang dan pinggul yang biasanya menahan ketegangan.


2. Yoga

Yoga dikenal bisa menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental serta emosional, ditambah kekuatan dan keseimbangan.


Kita bisa mencoba yoga dengan melihat panduan video online. Jelajahi berbagai jenis yoga, seperti Hatha, Ashtanga atau Vinyasa, sampai kita menemukan gaya dan rutinitas yang paling cocok.


3. Berjalan

Berjalan salah satu latihan yang paling hemat biaya, mudah dilakukan dan mampu menghilangkan stres di samping bisa memperkuat otot, serta meningkatkan kebugaran kardiovaskular pada saat yang bersamaan.


Dalam studi Mei 2018 di Behavioral Sciences, berjalan kaki mengurangi kadar hormon kortisol terkait stres dan meningkatkan cara orang merasakan stres emosional mereka sendiri, terutama jika mereka berjalan di alam.


4. Lari

Ternyata, sains mendukung lari untuk mengurangi stres. Latihan seperti lari melepaskan zat kimia otak yang menenangkan dan merilekskan. Jika baru mencoba berlari atau sudah lama tidak berolahraga, lakukan perlahan dan tetapkan tujuan yang realistis.


Itu dia beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kita selama pandemi ini. Jika merasa ada keluhan dan perlu konsultasi dokter untuk mendapatkan saran medis, TemanDANA bisa memanfaatkan fitur Telemedicine di aplikasi DANA. 


Selengkapnya baca di sini.

(Erick)