logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
24 June, 2020

Yuk Atur Keuangan di Era New Normal

Lawan COVID-19

Hal ini perlu, demi keseimbangan dan meminimalisir risiko keuangan kita di masa pandemi.


Pemerintah telah menetapkan masa transisi memasuki tatanan normal baru atau new normal yang akan menghidupkan kembali denyut perekonomian. 


Namun, adaptasi ini perlu dibarengi dengan manajemen keuangan pribadi. Untuk itu perlu penyesuaian anggaran atau pola pengaturan keuangan pribadi bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19.

 

Berikut lima langkah yang bisa dilakukan:

 

1. Review Kondisi Keuangan Pribadi

 

Perlu mencermati kondisi keuangan dari sisi pemasukan dan pengeluaran. Bandingkan pengeluaran dengan pemasukan tetap untuk mengetahui kondisi keuangan pribadi berisiko atau tidak.

 

2. Identifikasi Kebutuhan vs Keinginan

 

Masyarakat seringkali terjebak antara keinginan kebutuhan. Identifikasi antara kebutuhan reguler dan keinginan, lalu kendalikan hasrat berbelanja atas keinginan ini.

 

3. Jangan Berutang

 

Hindari gaya hidup konsumtif. Jangan menambah beban keuangan dalam waktu dekat dengan berhutang maupun mengambil cicilan terutama untuk barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

 

4. Miliki Dana Darurat atau Emergency Fund

 

Dana darurat ini perlu disiapkan. Jumlah idealnya adalah 6 kali dari total pengeluaran bulanan. 

 

5. Bijak Berinvestasi

 

Jika memiliki dana mengendap, investasikan pada instrumen yang mudah dicairkan. Lakukan diversifikasi investasi dan lakukan perencanaan investasi dengan tepat.


Begitu kira-kira 5 hal yang bisa diperhatikan dan dilakukan. Teman DANA juga bisa memaksimalkan penggunaan Dompet Digital DANA dalam bertransaksi sehari-hari. Karena dengan begitu, TemanDANA bisa dengan mudah me-review segala pengeluaran lewat fitur Transaction History tanpa harus mencatat manual.

 

Selengkapnya baca di sini.


(Erick)​