logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
30 July, 2020

5 Cara Cegah Penularan Corona Saat Makan di Restoran

Lawan COVID-19

Menu restoran memang suka bikin kangen, tapi risikonya juga harus diwaspadai.


Banyak restoran sudah dibuka kembali untuk publik. Tapi jangan lengah, kita tetap harus ingat bahwa makan di luar atau di restoran bisa meningkatkan risiko terinfeksi virus corona penyebab COVID-19. Karena itu, kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan secara disiplin.

 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui dan perhatikan untuk mengurangi risiko terinfeksi di restoran.


1. Jarak ideal

Paling ideal adalah menjaga jarak sejauh 2 meter, karena droplet bisa mengudara sejauh itu. Bahkan jika restoran tertutup dengan AC atau kipas angin, partikel dalam aerosol ini bisa terhembus lebih jauh. 


2. Sekat di antara meja dan tetap terapkan protokol kesehatan

Pastikan restoran sudah menerapkan protokol kesehatan. Akan lebih baik jika kita memilih restoran yang telah memasang sekat pemisah di antara meja. Sekat pemisah dapat mengurangi risiko penularan.


3. Tak perlu peralatan makan sekali pakai

Proses mencuci peralatan makan dengan air mengalir dan sabun bisa menonaktifkan virus yang menempel. Jadi, sebenarnya kita tak perlu meminta pelayan untuk menyajikan makanan dengan menggunakan peralatan makan sekali pakai.


4. Virus umumnya nonaktif saat proses memasak

SARS-CoV-2 merupakan virus pernapasan yang metode penularan utamanya terjadi melalui saluran pernapasan dan mata. Penularannya tidak terjadi melalui perut atau saluran pencernaan. Jika makanan terkontaminasi selama persiapan, suhu memasak dipercaya bisa menonaktifkan virus. Yang penting pegawai restoran yang menjaga kebersihan tangan.


5. Duduk di area outdoor 

Makan di area luar ruangan juga lebih aman daripada di dalam ruangan. Tapi, harus diingat, tetap menggunakan pelindung mata dan masker saat aktivitas makan selesai akan mengurangi risiko terinfeksi.



Yang paling aman memang tetap makan di rumah, TemanDANA. Memesan makanan restoran kegemaran kita secara online dan memakannya di rumah masih jadi pilihan bijak saat ini. Di fitur Home Shopping DANA, ada banyak banget pilihan restoran atau kafe favorit yang bisa TemanDANA pesan menunya secara online. Jadi, kalau kangen makanan restoran tapi mau tetap aman, cobain ya pesan makan lewat aplikasi DANA!



Selengkapnya baca di sini.


(Erick)